Kp. Yakyu – Suku Kanume

Suku Kanume berada di Kampung Yakyu, Distrik Sota, Kab.Merauke, Papua – INDONESIA. Letak kampung ini sangat dekat dengan perbatasan dan juga patok perbatasan NKRI – Papua New Guinea (PNG) MM 13.2 yang hanya berjarak sekitar 1 km.

Di Kampung Yakyu masih minim infrastruktur, baik rumah sakit, sekolah, dan sarana dan prasarana lainnya. Walaupun begitu, masih dapat ditemukan Gereja. Terima kasih juga kepada para petugas penjaga perbatasan (saat berkunjung, yang bertugas berasal dari batalion Yonif Raider 503) di Kp. Yakyu yang bersedia mengajari anak-anak di Kp. Yakyu ini membaca dan menghitung dan menggantikan ketiadaan guru atau pendidikan.

Tidak hanya sampai disitu, yang menariknya di Kp. Yakyu yaitu para petugas Pamtas ini mempunyai keluarga angkat. Mereka mempererat tali persatuan, membina keluarga angkat, menanamkan nilai-nilai Pancasila dan Kewarganegaraan NKRI, memonitor keadaan mereka, dan yang unik yaitu mereka benar-benar mempunyai ikatan layaknya keluarga sendiri.

Sesuatu yang sangat langka akhir-akhir ini di tanah Indonesia. Disana warna kulit, agama, ras, dsb tidak menjadi penghalang atas permasalahan. Salam Ekspedisi!

Leave a comment